al azmi media

Jumat, 14 September 2012

Jambore Ta'aruf Madrasah (JAMTAMA)

Kak Eko Endri Wiyono bersama kak Iful dan kak Taufik dalam acara pembukaan dalam sebuah event akbar  Jambore Ta'aruf Madrasah (JAMTAMA) yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk,  di bumi perkemahan Pangkat - Bajulan, 25 Juni 2012 hingga  27 Juni 2012. Gerakan pramuka sebagaimana dalam Anggaran Dasar Gerakan
Pramuka pasal 4 bertujuan mendidik kaum muda Indonesia guna mengembangkan  keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga menjadi manusia yang berwatak,berkepribadian,dan berbudi pekerti yang luhur yang tinggi moral,spiritual, kuat mental, social, intelektual, emosional dan fisiknya, tinggi kecerdasan  dan mutu ketrampilannya kuat dan sehat jasmaninya.  Menjadi warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna , yang dapat membanguna dirinya sendiri secara mandiri serta bersama sama bertanggugjawab atas pembangunan bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesame hidup dan alam lingkungan baik local, nasional,maupun internasional.Tugas pokok Gerakan pramuka ialah menyelenggarakan  kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih bqaik, yang sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan.(pasal 5 AD Gerakan Pramuka)
             Penggalang adalah anggota muda Gerakan pramuka yang berusia 11-15 tahun, bagi Pembina pramuka penggalang dilingkungan Kementrian agama Kabupaten nganjuk , memandang sangat urgent dan strategis untuk mengambil langkah, mengambil prakarsa dan  pemberdayaan pembinaan pramuka ektra kurikuler dialam terbuka, khususnya di lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah baik Negeri maupun Swasta             yang jumlahnya 56 lembaga. Disamping itu juga dipandang perlu tindak lanjut bagi para Pembina pramuka penggalang yang pernah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD)  supaya melaksanakan tugas  pengembangan dan Evaluasi  ,  yang disebut Masa Pengembagan Evaluasi (MPE)sebagai syarat mengikuti pelatihan dijenjang berikutnya, Kursus Mahir Lanjutan (KML)
             Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk merespon lahirnya Undang Undang Pramuka no 12 tahun 2010 seraca positif, bahwa gugus depan akan di akriditasi, setelah lulus akriditasi akan dilanjutkan sertifikasi Pembina pramuka yang diatur lebih lanjut dengan PP.
Dalam rangka membina peserta didik dialam terbuka,   dan pembinaan Gugus Depan khususnya pramuka penggalang  dilingkungan kementrian Agama  Kabupaten Nganjuk, dan sekaligus  pember dayaan Pembina gugus depan dan Pembina pramukanya.perlu diadakan Perkemahan bersama yang kami beri nama Jambore Ta`aruf  Pramuka Penggalang MTsN-MTs.S se Kabupaten nganjuk.

Dasar Pemikiran

             Dunia penggalang adalah  dunia idialis  suka cerita suka tantangan  selalu ingin tahu ,  suka hidup berkelompok, senang kegiatan kegiatan dialam terbuka berupa perkemahan diantaranya, mereka sangat membutuhkan  suasana hidup dialam terbuka, mencintai alam semesta ciptaan Allah SWT. melatih diri berinteraksi  pada lingkungan, menambah  pengetahuan dan ketrampilan,  penanaman idiologi Negara pancasila, sehingga dikemudian hari bisa menjadi manusia yang kuat mental  kepribadiannya,  menjadi warga Negara  yang baik, mencintai tanah air, bangsa dan negaranya, sadar dan dan bertanggugjawab membangun diri dan masyarakatnya.
             Kesadaran yang dikawal dan diawali dengan saling mengenal, saling mencintai sesama manusia , mencintai sesama penggalang , memupuk persaudaraan antar dudep , membangun ukhwah islamiyah dan ukhwah wathoniah, dan membangun komunikasi lintas lembaga dan struktur organisasi kepramukaan dan melakukan pembinaan secara terus menerus sebagai upaya peningkatan mutu kegiatan Gerakan Pramuka dikalangan Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk-lah  yang mendasari pemikiran, mengapa kegiatan Jambore Ta`aruf Pramuka Penggaang MTsN dan MTs Swasta ke Kabupaten Nganjuk ini sangat perlu mendapat  perhatian,  sambutan dan dukungan  untuk  diwujudkan.

Dasar HUKUM
a.   Undang Undang no 12 tahun 2010  tentang Gerakan Pramuka
b.  Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor ; 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
c.   Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pasal 4,5, 24 dan 25 tentang   tujuan gerakan pramuka, kegitan menarik dan menantang dan kegiatan dialam terbuka.
d.  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka no ; 013/KN/1978 tentang petunjuk penyelenggaraan   Jambore
e.  Saran dan usul  Ka-Mabigus dan Pembina gugus depan MTSN dan MTS Swasta se-kabupaten nganjuk
f.   Keputusan Kepala  kantor Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk, 

nama  kegiatan

Kegiatan ini diberi nama jambore ta`aruf Madrasah ( Jamtama ) 2012 pramuka penggalang MTs negeri/Swasta se- kabupaten nganjukartinya pertemuan pramuka pengglang  agar saling mengenal , saling menjalin persaudaraan, membina dan menjaga persatuan, bersatu padu dalam jambore.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud
           Kegiatan ini secara umum  Jambore Ta`ruf ini bermaksud menjalin ukhwah islamiyah dan ukhwah wathoniah, mempererat persaudaraan sesama muslim danpenanaman  cinta tanah air bagi penggalang dilingkungan  Madrasasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta. Se Kabupaten nganjuk.dan peberdayaan para Pembina pramuka, Pembina gugus depan  untuk  mengikuti masa pengembangan evaluasi bagi mereka yang sudah lulus KMD dalam rangka peningkatan mutu pembinaan dan evaluasi guna proses pelatihan jenjang berikutnya. Dengan harapan kegiatan pramuka di gudep gudep lebih giat, semangat dan hebat.

Tujuan
1.   Kegiatan jambore Ta`aruf ini bertujuan memotivasi dan memupuk semangat persaudaraan,Mencintai alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus mensyukuri nikmat Allah atas Pemberian karuniaNya.
2.   melatih hidup di alam terbuka, hidup berkelompok, mandiri dan bertanggungjawab.
3.   latihan memimpin dan dipimpin
4.   membekali pengalaman bagi pramuka penggalang untuk di kembangkan kemudian di gudepnya
5.   memberi kesempatan  khusus bagi Pembina gudep / Pembina pramuka yang  pernah mengikutiKMD agar dapat
      melakukan Masa Pengembangan Evaluasi.
6.   dilingkungan Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk, menyambut UU.NO 12 Tahun 2012 tentangGerakan Pramuka, dengan menata, mnyemangati, mengkoordinasi seluruh jajaran gudep untuk giatDan aktif berpramuka

  SASARAN  DAN  TARGET
      Sasaran Jambore Ta`aruf ini adalah ;
a.   Peningkatan ketaqwaan kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa
b.   peningkatan kedisiplinan dan ketrampilan yang berguna dirinya maupun masyarakat
c.   peningkatan pengamalan Tri Satya dan Dasadarma Pramuka Penggalang
d.   mengukur kemampuan peenggalang untuk mengekpresikan minat dan bakat ketrampilannya secara      individu dalam regu.

   Target ambore Ta`aruf adalah  ;
a.     Anggota pramuka penggalang ramu dan rakit ( siswa klas 7 dan klas 8 )
b.     Tiap anggauta pramuka penggalang memperoleh TISKA ( Tanda Ikut Serta Kegiatan) minimal tiap regu 80 % dari pelaksanaan jadwal jamboree
c.   Keikutsertaan gudep minimal 2 regu putra dan 2 regu putri  bagi MTsN dan 1 regu pa 1 regu pi bagi MTsS
d.     Ada tindak lanjut kegiatan aktif di gudepnya 

TEMA DAN MOTTO

a.     TEMA        :    
“DENGAN JAMBORE TA`ARUF, KITA GALANG PERSAUDARAAN, KEMANDIRIAN                       MUNUJU KEJAYAAN PRAMUKA  YANG BERBUDI “
“DENGAN JAMBORE TA`ARUF PRAMUKA PENGGALANG, KITA BEKALI  KADER
BANGSA YANG CERDAS TRAMPIL  BERAKHLAK MULIA DAN MANDIRI “

b.      MOTTO   
“ SATU KATA SATU HATI, BERTEKAT SELAMATKAN GENERASI “
“ PANCASILA HARGA MATI, AMALKAN SETIAP HARI “
“ SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN “
“ TRI SATYA  JANJIKU, DASADARMA  KODE KEHORMATANKU”

2 komentar:

  1. admin mengucapkan selamat hari pramuka ke 51 tahun 2012. Kutipan sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr dr Azrul Azwar MPH pada Peringatan Hari Pramuka ke-51 Tahun 2012 gerakan pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman.
    “Walaupun era globalisasi penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itu kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat,”

    BalasHapus
  2. salam pramuka....!!!!!!
    met ultah yach semoga pramuka Indonesia tetap jaya selamanya dan dan tetap relevan sepanjang masa.

    BalasHapus