al azmi media

Jumat, 14 Februari 2014

musim banjir dimana-mana

Karya Zuan, Pengertian banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Atau juga bisa diartikan air yang meluap melebihi kapasitas penampung air karena curah hujan yang tinggi. Tetapi banjir juga bisa terjadi karena banyaknya  sampah di sungai, tidak adanya tempat resapan air, kurangnya pepohonan karena tidak
bisa menyerap air.
        Tempat tinggalku ada di Desa Sawahan Kec.Lengkong Kab.Nganjuk, Jawa Timur. Tetapi tempat tinggalku tidak pernah mengalami banjir, biasanya ada orang yang iseng atau sengaja membuang sampah di sungai dekat rumahku. Hal ini membuatku khawatir bisa-bisa desaku terkena banjir akibat pembuangan sampah di sungai. Aku turut prihatin dengan bencana banjir dimana-mana, salah satunya di Ibu kota Jakarta. Banjir di Ibu  kota sangat parah, penyebapnya penataan kota yang kurang bagus, dimana lahanya dipenuhi penduduk dan rumah-rumah, tidak banyak pohon besar yang bisa menyerap air diwaktu hujan atau banjir, ketika banjir drainase tidak berfungsi dikarenakan banyaknya sampah yang ada dijalan drainase, apalagi Jakarta terkenal dengan kata macet. Pada waktu banjir kendaraan dalam keadaan menyala lama-lama akan mogok, karena air banyak masuk dalam mesin.
        Akibat dari banjir sangat banyak, diantaranya jalan menjadi retak, banyak penyakit menyerang, orang-orang harus mengungsi ditempat yang lebih tinggi dan orang yang punya keluarga tidak bisa mencari nafkah karena banjir tersebut. Jadi agar banjir tidak terjadi, kita harus rajin-rajin untuk membersihkan sampah, menanam pohon, membuat daerah resapan air, agar jika terjadi banjir tidak repot-repot lagi untuk membuat daerah resapan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar