al azmi media

Senin, 21 April 2014

Refleksi Hari Kartini di MTsN Lengkong Nganjuk

Pada hari Senin tanggal 21 April 2014, dihalaman MTsN Lengkong Nganjuk diperingati Hari Kartini. Semarak hari Kartini kali ini para siswa siswi, Guru dan Staf TU menggunakan pakaian tradisional, yang putri menggunakan kebaya yang putra menggunakan batik,
semua petugas upacara kali ini yang bertugas para siswi semua, tampak khidmat seiring dinyanyikan lagu Ibu Kartini, agenda dalam peringatan kali ini adalah lomba merias yang diikuti oleh perwakilan kelas, sebagai wujud dari kepedulian kita kaum hawa yang telah menngharukan dengan Habis Gelap Terbitlah Terang,  kita sebagai generasi penerus perjuangan tak terlupakan kelahiran RA Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April sebagai tokoh nasional yang memperjuangkan gerakan emansipasi wanita di Indonesia, seiring dengan perkembangan zaman, melalui gerakan emansipasi ini, perempuan Indonesia akhirnya dapat mensejajarkan diri dengan kaum pria dalam berbagai bidang kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial. Perempuan sudah dapat menduduki posisi-posisi penting di bidang birokrasi, mengangkat derajat dan kesamaan hak perempuan dalam bidang pendidikan, hukum, pekerjaan dan sektor lainnya. Perempuan juga sudah dapat berkiprah di bidang politik dan banyak yang sukses di bidang sosial dan ekonomi. Emansipasi sering pula diidentikkan dengan perjuangan wanita untuk mendapat kesempatan berprestasi di segala bidang sebagaimana halnya lelaki, bahkan jika mungkin melebihinya. Perlunya menyadari dan menyadarkan akan kewajiban menimba ilmu pada koridor yang tepat pengaplikasiannya, yakni untuk mempersiapkan generasi peradaban, tak dapat dipungkiri bahwa perempuan masa kini sudah lebih mandiri dan bebas mendapatkan pendidikan serta pekerjaan seperti apa yang mereka cita-citakan. Merefleksikan emansipasi, tidak terlepas dari dunia kependidikan. Tepat bulan Mei ini para siswa melaksanakan hajat Ujian Nasional, Semoga sukses menjembatani emansipasi berjuang menuju cita-cita dan sebagai momentum berjuang demi emansipasi.
 
 

2 komentar:

  1. selamat hari Kartini. semoga ritual memakai kebaya tidak hanya sesaat namun menjadi tradisi. nguri-nguri budaya Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah sambang dinanti kunjungannya.
      Kartini masa depan penuh tantangan, mengedepankan kekinian.

      Hapus