al azmi media

Jumat, 26 Oktober 2012

Idul Adha


ALLAH  HU AKBAR ALLAH  HU AKBAR Takbir telah berkumandang seiring gema takbir, Keluarga Besar MTsN Lengkong mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1433H, semoga kita bisa meneladani kesabaran Nabi Ibrahim dan keiklasan Nabi Ismail serta mendapatkan berkah dan hidayah Allah SWT. Amien.
Idul Adha  memiliki makna yang amat penting untuk dikaji, salah satunya memberikan pembelajaran untuk merelakan sebagian harta yang dicintai. Selain itu menjadi pelajaran untuk tidak terlalu mencinta dunia yang fana agar hati bersih dalam rangka mengabdi pada Allah. Pada tanggal 26 Oktober 2012  MTs N Lengkong melaksanakan Sholat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan serta wali murid.  


Sebagai  khotib dan imam dalam Shalat Idul Adha adalah Bisri Mustopa, S.Pd. Hikmah dari ritual keagamaan ini adalah memperkukuh empati, kesadaran diri, pengendalian dan pengelolaan diri yang merupakan cikal bakal akhlak terpuji seorang Muslim. Diantaranya adalah dengan belajar mengenal Allah Swt. Saat ini , menurutnya, usaha untuk mengenali Allah itu dapat dilakukan dengan cara menuntut ilmu sebanyak-banyak dan sedalam-dalamnya,  karena ilmu akan menguak tanda-tanda kebesaran Allah dan mengantarkan manusia untuk mengenal Allah. Di samping itu, agar bisa sukses seperti halnya Nabi Ibrahim, maka seorang muslim, khususnya para pelajar, harus menghormat dan berbakti kepada orang tua. Akhlak terpuji dicontohkan Nabi seperti membantu sesama manusia dalam kebaikan, kebajikan, memuliakan tamu, mementingkan orang lain dan senantiasa sigap dalam menjalankan segala perintah agama dan menjauhi hal-hal yang dilarang , sehingga tertanam peningkatan kualitas diri yang terpuji. Menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada kaum tak berpunya itu merupakan salah satu bentuk kepedualian sosial seoarng muslim kepada sesamanya yang tidak mampu. Kehidupan saling tolong menolong dan gotong royong dalam kebaikan.Adapun pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah selesai Sholat Idul Adha. Pada tahun ini, MTsN Lengkong menyembelih 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Peringatan Idul Adha 1433 H dalam pelaksanaannya alhamdulillah berlangsung dengan lancar. Daging kurban dibagikan kepada kaum fakir miskin di sekitar Madrasah. Diharapkan pada tahun-tahun yang akan datang ada peningkatan jumlah hewan kurban sehingga bisa lebih banyak lagi daging yang bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Foto kegiatan Idul Adha atau Idul Qurban





Add caption

Add caption

Add caption





Tidak ada komentar:

Posting Komentar