al azmi media

Minggu, 04 November 2012

internet sekolah

Perkembangan teknologi begitu pesat dan memasyarakat, diiringi  semakin meningkatknya pengguna internet. Perkembangan teknologi internet sampai saat ini belum mempunyai formula sebagai filter bagi para penggunanya. Justru teknologi internet semakin menerjang, hal ini  jika tidak disiasati dengan cerdas maka melahirkan wabah penyakit yang begitu akut terhadap perkembangan peserta didik. Banyaknya dampak negatif dalam penggunaan teknologi Internet bukan berarti kita menjadi antipasti terhadap teknologi yang satu ini, melarang dan mengharamkan anak-anak menggunakan teknologi khususnya internet bukanlah jalan keluar yang tepat. Perlu dilakukan memberikan arahan dan pendampingan sampaikan hal-hal yang positif yang dapat diambil dari internet. Sekolah melalui guru merupakan salah satu pihak yang harus pro aktif mencari solusi,saat ini sudah mulai menyadarkan para guru untuk bermedia dan mampu menguasai teknologi internet, selanjutnya mengarahkan serta membimbing siswanya dalam menggunakan internet yang sehat. Berbagai pelatihan ke arah pengenalan sampai penggunaan teknologi internet menjadi program prioritas dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Karena begitu ironis, sampai saat ini banyak yang belum mempunyai kesadaran bermedia  internet, sementara siswanya sudah lebih jauh berselancar di dunia maya. Banyak yang bisa dilakukan untuk mengarahkan, membimbing serta merangsang  untuk menggunakan internet secara sehat, diantaranya:
  1. Memanfaatkan situs jejaring sosial untuk berdiskusi dan membahas materi pelajaran.
  2. Program guru kreatif. Membekali guru dengan keterampilan menulis dan mengirimkan tulisan  ke dalam Blog.
  3. Program siswa kreatif, mengarahkan siswa mengirimkan karya ke  dalam blog.
  4. Ketika siswa sudah mampu menggunakan dan memanfaatkan blog, sekolah akan mengadakan sebuah kompetisi bagi siswa yang aktif dalam berkarya semisal menulis, dengan harapan siswa akan semakin gigih untuk berkreatifitas serta menggunakan internet sehat.

2 komentar:

  1. Tidak bisa dipungkiri, internet sangat berperan dalam kehidupan manusia. Dengan adanya internet manusia banyak terbantu. Dalam era informasi, beragam informasi terus bergulir seiring dengan detik waktu yang berjalan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan dunia dengan cepat. Informasi terus mengalir tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. ilmupun akan berkembang dengan pesat, dan tersebar keseluruh penjuru dunia.

    BalasHapus
  2. mari kita gunakan internet secara sehat by pesan Tuanku MuhammadNur pendiri Radio www.mjbsfmkutameuligou.blogspot.com hp. 085270561973.

    BalasHapus