Tema
pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu
mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang
terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21,
kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran.
Inilah yang diantisipasi pada
kurikulum 2013.Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.
Sedang
gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada
pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu,
dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu
merumuskan kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses
mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk
meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta
didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning.
Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum
yang berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi
lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana
ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan
yang Diharapkan
Pengembangan
kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan
yang melekat pada kurikulum 2006, bertujuan juga untuk mendorong peserta
didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya,
bernalar, dan mengomunikasikan (mempresentasikan), apa yang di peroleh atau
diketahui setelah siswa menerima materi pembelajaran.
Melalui
pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan,
dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan
lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik,
pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan
bangsa, serta masyarakat umum, yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2
menggambarkan perubahan yang diharapkan pada masing-masing enitas.
(sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar