al azmi media

Selasa, 02 Agustus 2016

KOORDINASI MADRASAH DAN KOMITE

Kabupaten Nganjuk (MTsN Lengkong) - Pada tanggal 2 Agustus 2016 di MTsN Lengkong diadakan rapat koordinasi antara Madrasah (Ida Rosida Maimun : kepala Madrasah) dengan komite. Dalam koordinasi tersebut di paparkan perkembangan jumlah siswa yang ada di MTsN Lengkong berdasarkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pembelajaran 2016/2017. Lanjut kepala
Madrasah, bahwa tahun ini MTsN Lengkong mengalami peningkatan jumlah siswa yang sangat signifikan di banding tahun lalu. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat mulai tinggi terhadap dunia pendidikan khususnya Madrasah, mengingat letak MTsN Lengkong yang diapit oleh 2 SMP. Kepercayaan masyarakat bukan tidak beralasan, mereka menyadari bahwa " kuantitas bukanlah segala-segalanya, tetapi kualitas dan akhlak mulia adal hal yang paling penting di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat. Alasan mendasar para orang tua memparcayakan anak-anak mereka ke Madrasah adalah nilai agama yang mereka harapkan, karena kesempatan mendapatkan pengajaran agama bagi anak mereka di luar jam sekolah sangat minim. 
Disampaikan lebih lanjut oleh kepala madrasah, menanggapi kepercayaan masyarakat tersebut MTsN Lengkong mencoba mempersiapkan diri dengan membenahi sarana dan prasaranan yang ada. Oleh sebab itu, langkah awal yang diambil Madrasah adalah mengajak koordinasi komite untuk menentukan jalan keluar dari permasalahan yang ada saat ini. Penambahan ruang belajar adalah isu yang urgen,  disamping sarana yang lain. 
Sebagai Kepala Madrasah Baru beliau mendapat tantangan yang sangat besar untuk mengembangkan MTsN Lengkong dalam hal sarana prasaran umumnya dan kualitas khususnya. tantangan selanjutnya yang tak kalah berat adalah sumber daya orang tua/wali siswa baru, dimana mayoritas hampir 97% berpendidikan SD/sederajat dan bermata pencaharian buruh lepas. 
Melihat geografis dan sosial ekonomi masyarakat tempat MTsN Lengkong berdiri merupakan daerah pinggiran di kabupaten Nganjuk, yang mayoritas wilayahnya dekat dengan hutan, sangat kecil kemungkinan untuk berkoordinasi dengan seluruh orang tua/wali. Oleh sebab itu perlu formula yang tepat agar masalah ini ada solusi yang tepat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar