al azmi media

Senin, 04 Februari 2013

duka narkoba oh bangsaku

Drs Suyanto. Keyakinan bahwa bila mencoba sekali takkan ketagihan adalah salah satu penyebab penggunaan narkoba, karena sekali memakai narkoba maka mengalami ketagihan dan sulit untuk di hentikan. Maka dari itu, bila seseorang ingin terhindar dari narkoba, harus dapat menjauhkan dirinya dari hal-hal yang memungkinkan untuk mencoba dan bersentuhan dengan narkoba. Jangan bosan untuk selalu memotivasi. 


DUKA NARKOBA OH BANGSAKU

oleh Drs Suyanto

Maraknya penyalahgunakan Narkotika dan obat-obat terlarang di kalangan remaja di Indonesia saat ini sangatlah memprihatinkan. Masa depan bangsa yang besar ini bergantung sepenuhnya pada upaya pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. Narkoba telah menyentuh lingkaran yang semakin dekat dengan kita semua. Teman dan saudara kita mulai terjerat oleh narkoba yang sering kali dapat mematikan. Sebagai makhluk Tuhan yang kian dewasa, seharusnya kita senantiasa berfikir jernih untuk menghadapi globalisasi teknologi dan globalisasi yang berdampak langsung pada keluarga dan remaja penerus bangsa khususnya. Kita harus memerangi kesia-siaan yang di akibatkan oleh narkoba.
Di akhir januari 2013 sebuah berita yang menghebohkan terjadi penggerebekan pesta narkoba di rumah seorang artis yang menjadi public figure. Dalam peristiwa tersebut tidak hanya melibatkan artis saja tetapi juga melibatkan politisi, praktisi hokum, pengusaha dan lain-lain. Tidak hanya berhenti di situ saja narkoba juga  menyebar ke segala sector-sektor kehidupan bangsa. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, politisi, oknum penegak hokum (polisi, jaksa pengacara dan hakim). Sungguh sangat memprihatinkan bagi kita semua bahwa Narkoba sudah menyebar dan beredar di sekeliling kita.
Mengapa narkoba begitu mudahnya menyebar?. Sebuah pertanyaan yang harus di jawab dan dicari solusinya. Berikut ini adalah alasan-alasan terjerumus Narkoba dan sekaligus solusinya.
1.   Kurangnya kasih sayang dari orang tua
Tidak memiliki rasa percaya diri ataupun kurang mendapat kasih sayang orang tua dapat menyebabkan timbulkan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Misalnya saja, orang tua yang terbilang sukses dalam berkarir tetepi kurang memberi perhatian kepada keluarga, adanya perselisihan di keluarga hingga mengalami kehancuran (Broken Home).
Keluarga merupakan cerminan masyarakat . keluarga yang harmonis akan menjadikan pribadi-pribadi yang bertanggung jawab. Maka keharmonisan keluarga harus tetap di jaga dan selalu diperhatikan oleh semua pihak agar terjadi ketentraman bagi individu yang ada di keluarga tersebut.
2.   Pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat
Menurut teori Waddington, mengenai “develope mental land scape”, jika seorang anak di tempatkan pada suatu lingkungan tertentu, maka sulitlah bagi kalangan tersebut untuk mengubah pengaruhnya, terlebih lagi jika lingkungan itu sangat kuat mempengaruhi anak tersebut. Dengan demikian untuk mencegah penggunaan narkoba, maka  land scape (lingkungan) yang baik saat ini adalah lingkungan Islam. Sebagai orang tua seharusnya dapat memperingatkan anaknya agar tidak bergaul dengan teman yang berakhlak tidak baik.
Control orang tua terhadap lingkungan anak-anak harus tetap dilakukan sepanjang waktu. Bukan berarti orang tua selalu mendekte anak tetapi memberikan sebuah solusi dan lingkungan yang baik terhadap anak-anaknya.
3.   Kurangnya pengamalan agama
Untuk memerangi narkoba, upaya yang perlu di lakukan adalah       membangkitkan kesadaran beragama dan menginformasikan hal-hal yang positif dan bermanfaat kepada para remaja. Karena, pada zaman sekarang ini sangat sedikit para remaja yang sadar akan pentingnya siraman agama.
Madrasah merupakan solusi yang tepat untuk memberikan pendidikan karakter beragama dan berbangsa. Dalam Madrasah diberikan pendidikan Agama yang lebih banyak dari pada di sekolah-sekolah umum. Disamping itu orang tua harus memberikan contoh beragama yang baik kepada anak-anaknya.

4.   Kenginginan untuk sekedar mencoba
Keyakinan bahwa bila mencoba sekali takkan ketagihan adalah salah satu penyebab penggunaan narkoba, karena sekali memakai narkoba maka mengalami ketagihan dan sulit untuk di hentikan. Maka dari itu, bila seseorang ingin terhindar dari narkoba, harus dapat menjauhkan dirinya dari hal-hal yang memungkinkan untuk mencoba dan bersentuhan dengan narkoba.
Dari uraian di atas maka kita yang selalu berkecimpung di dunia pendidikan diharapkan selalu waspada dan memperhatikan tingkah laku anak didik kita. Jangan bosan untuk selalu memotivasi dan mengarahkannya untuk menjadi manusia yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Dan masa depan bangsa ini adalah tergantung pada generasi muda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar