al azmi media

Rabu, 06 Februari 2013

menggagas pendidikan berkualitas dengan sarana terbatas

Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang telah menerapkan secara riil bekal masa depan siswa baik berhubungan dengan proses belajar, sarana belajar, maupun pola kurikulum yang memadai dengan dukungan siswa dapat berkembang dengan baik serta siswa dapat mencapai proses belajar sampai selesai berdasarkan waktu yang telah dicanangkan hingga dia dinyatakan lulus dan pasca lulusnya siswa dalam mengikuti proses belajar, hingga siswa  dapat memberi manfaat bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya.




MENGGAGAS  PENDIDIKAN  BERKUALITAS
DENGAN SARANA TERBATAS

oleh : Drs Ahmadi Yasin, MSy
A.Pendidikan Berkualitas

       Pendidikan merupakan proses belajar yang terus menerus secara sadar untuk menuju tujuan tertentu, dengan demikian pendidikan yang baik memiliki pedoman dan proses secara edial, dengan pola pembelajaran yang terstruktur dan disiplin yang tinggi serta perencanaan yang matang untuk menuju tujuan yang diinginkan. Pendidikan berkualitas memiliki persyaratan persyaratan tertentu. Pendidikan berkualitas pada zaman sekarang ini diasumsikan dengan pendidikan unggulan, pendidikan bertaraf internasional bukan pendidikan bertarif internasional. Sebenarnya pendidikan berkualitas merupakan proses bukan merupakan label. Pendidikan berkualitas merupakan bentuk layanan dengan proses yang edial : proses penerimaan siswa, penerimaan tenaga kependidikan, sarana prasaran yang memadai, dukungan keuangan yang cukup, standar kelulusan yang tinggi, dukungan system yang penuh.
B. Intake biasa biasa saja
        Penerimaan siswa yang baik akan menjamin kualitas siswa yang baik pula untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Intake (penerimaan siswa dari jenjang dibawahnya) tidak mutlak harus anak anak yang unggul semata namun yang menjadi keharusan adalah tekad anak untuk mengikut iproses pembelajaran dengan baik yang dapat dibuktikan dengan komitmen (janji) anak maupun orang tua wali untuk mengikuti semua proses pembelajaran dengan baik termasuk kegiatan ekstra kurikuler (diluar kurikulum) yang ada. Inilah awal dari sebuah keyakinan tentang penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.
C.Out put luar biasa
       Jika proses pembelajaran sudah baik dan didukung oleh tenaga kependidikan yang baik dengan penuh innovasi. yakin ! bahwa tujuan pendidikan secara teoritik akan dicapai dengan mudah, waalaupun ada syarat syarat lain seperti sarana prasarana yang memadai. Namun kiranya sarana dan prasarana bukan sesuatu yang menjadi kemutlakan. Sarana dan prasarana dapat diciptakan oleh kondisi inovatif, misalnya laboratorium universal ( yaitu suatu lab yang tidak persis dipersyaratkan oleh badan berwenang untuk menentukan berapa luas bangunannya panjang kali lebar, bagaimana alat pendukungnya, bagaimana furniturnya) ; meja praktek dan lain lainnya. Bahkan Laboratorium universal merupakan rekayasa laboratorium yang menitik beratkan kepada pemanfaatan suatu alat lab yang tidak memiliki ketergantungan tempat dengan kondisi edial namun bertitik pada manfaat yang sesungguhnya secara optimal.
Dengan demikian out put (alumni yang diluluskan) dari lembaga yang demikian akan memiliki keunggulan keunggulan serta memiliki skill (keterampilan) melakukan sesuatu dengan baik, juga memiliki life skill (keterampilan hidup) yang merupakan tujuan akhir dari sebuah proses pendidikan yaitu kemampuan untuk mempertahankan hidup dengan cara yang baik dan atas dasar ilmu pengetahuan yang dimiliki. Inilah out put yang luar biasa.
Perpustakaan, berdasarkan kewenangan suatu system perpustakaan memiliki persayratan persyaratan tertentu, namun ini tidak harus menjadi sesuatu yang wajib namun secara fungsional, perpustakaan itu ada dengan manfaat maksimal dalam rangka mendudukung ketersediaan suatu bacaan untuk mempelajari ilmu tertentu yang berhubungan dengan pendidikan tertentu, Dalam pandangan modern perpustakaan tidak mengharuskan ada gedung dengan ukuran tertentu, ada rak buku, ada buku, ada administrator. Itu memang iya tetapi kalau pada zaman ini kita bisa merekayasa perpustakaan secara modern tentu lebih sederhana, ada computer, ada jaringan internet dan itu tidak mengharuskan dalam ruangan tertentu, bisa dihalaman atau kantin sekaligus. Wacana ini harus kita kembangkan agar kita memiliki semangat membuat pendidikan kita berkualitas dalam sarana prasarana yang serba terbatas.
D. Out Come
        Out Come (manfaat dari hasil belajar), semua orang pasti mengharapkan dari proses pendidikan itu setelah seseorang  dinyatakan lulus dalam jenjang pendidikan tertentu dapat memberikan manfaat bagi dirinya atau untuk orang lain dan lingkungannya. Itulah yang menjadi sebuah harapan sederhana sehingga seseorang harus memiliki kecakapan kecakapan. Pendidikan berkualitas tentu merancang hal ini agar abiturennya (alumninya) setelah lulus dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, orang lain atau lingkungannya. Pendidikan harus serius mengupayakan ini dengan membekali siswanya dengan latihan dan mengikuti proses proses yang memperkaya diri siswa untuk memiliki bekal life skill (kecakapan hidup) dengan berlatih hal hal dasar dengan kemungkinan bahwa hal tersebut nanti akan menjadi bekal hidupnya akan memiliki nilai tambah dibanding orang lain. Tentunya ini tidak gampang dapat diwujudkan namun pasti dapat dilaksanakan manakala konsisten dilakukan dan penuh percaya diri apa yang kita mau pasti bisa tinggal kita mau atau tidak !
E. Life Skill memadai
       Keterampilan untuk mempertahankan diri agar diri seseorang survival (bertahan hidup)  dengan lingkungan kehidupan yang dialami yang serba belum pasti serta adanya tantangan tersendiri bagi seseorang dalam keadaan berbekal ilmu pengetahuan dan skill (kecakapan/keterampilan) yang dia miliki tentu seorang akan bertaruh dengan kemungkinan gagal atau berhasil. Manakala skill yang dimiliki seseorang memadai maka pasti seseorang akan berhasil dengan baik. Pendidikan dengan desain dan lebel BERKUALITAS tentu telah memprediksi dan membaca kemungkinan apa yang dibutuhkan siswa, apa yang dipersiapkan siswa setelah lulus, manfaat apa yang dapat disumbangkan untuk orang lain dan lingkungannya.
Desain pendidikan berkualitas sudah barang tentu merupakan hal yang wajib untuk mempersiapkan life skill bagi abiturennya nanti dengan kualitas lulusan yang tinggi berdasarkan ukuran atau parameter matematis, juga parameter skill serta parameter berapa jauh dia memeliki manfaat bagi dirinya maupun orang lain serta lingkungannya.
F. Kesimpulan
            Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang telah menerapkan secara riil bekal masa depan siswa baik berhubungan dengan proses belajar, sarana belajar, maupun pola kurikulum yang memadai dengan dukungan siswa dapat berkembang dengan baik serta siswa dapat mencapai proses belajar sampai selesai berdasarkan waktu yang telah dicanangkan hingga dia dinyatakan lulus dan pasca lulusnya siswa dalam mengikuti proses belajar, hingga siswa tersebut dapat member manfaat bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar