al azmi media

Senin, 24 Juni 2013

kalender pendidikan 2013/2014

Tidak lama lagi tahun pelajaran baru 2013 – 2014 akan segera dimulai. Pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi mengenai Kalender pendidikan, Hari Efektif Sekolah, Efektif Fakultatif dan Hari Libur RA/Madrasah tahun pelajaran 2013/2014. Salah satu faktor utama keberhasilan kita dalam sebuah pekerjaan adalah
bagaimana kita menyusun agenda untuk tahun pelajaran baru mendatang, dan untuk menyusun agenda itu, maka hal yang paling pertama dibutuhkan adalah penanggalan atau kalender pendidikan. Berikut ini Kalender pendidikan untuk tahun ajaran 2013/2014.


untuk mendownloads silahkan klik disini



Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar,waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Dalam menyusun kalender pendidikan guru harus mampu menghitung jam belajar efektif untuk pembentukan kompetensi peserta didik dan menyelesaikannya dengan standar kompetensidan kompetensi dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam penyusunan kalender pendidikandapat ditetapkan waktu untuk kegiatan pembelajaran, termasuk waktu libur dan lain-lain. Oleh karena itu dengan adanya kalender pendidikan maka guru bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan kompetensi dasar, jumlah ulangan baik ulangan umum maupun ulangan harian dan jumlah waktu cadangan.
Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut: Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk  tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten / Kota atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
           Salah satu faktor utama keberhasilan kita dalam sebuah pekerjaan adalah bagaimana kita menyusun agenda untuk tahun pelajaran baru mendatang, dan untuk menyusun agenda itu, maka hal yang paling pertama dibutuhkan adalah penanggalan atau kalender pendidikan. Berikut ini Kalender pendidikan untuk tahun ajaran 2013/2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar