al azmi media

Jumat, 15 November 2013

Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia

Karya Elvira Oktavia, Siswi SDN Lengkong 2. Harapan I. Pada jaman dahulu negara kita telah dijajah oleh Negara lain yang bertujuan untuk mengeruk hasil bumi dari Negara Indonesia, karena Indonesia adalah Negara yang kaya raya sehingga banyak Negara yang ingin menguasai Negara Indonesia. Indonesia dijajah oleh Belanda selama


350 tahun dan Jepang selama 3,5 tahun. Kehidupan pada masa-masa jaman penjajahan tentunya warga Negara Indonesia merasakan bentuk kehidupan yang sangat pahit, karena segala sesuatu diatur oleh Negara penjajah seperti Belanda dan Jepang. Banyak bangsa Indonesia yang dijadikan pekerja paksa seperti pekerja rodi dan romusha, sehingga nenek moyang kita banyak yang mengalami sakit bahkan sampai mati kelaparan. Bangsa Indonesia akhirnya harus bangkit semangatnya untuk berjuang berusaha melepaskan diri dari belenggu Negara penjajah melalui perjuangan yang sangat gigih dan pantang menyerah. Pada masa perjuangan tersebut banyak para pejuang kita yang telah gugur di medan pertempuran karena peralatan mereka kalah canggih dari Negara Belanda dan Jepang. Namun berkat kegigihan dan sikap pantang menyerah para pejuang kita akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia mengikrarkan diri untuk menyatakan MERDEKA.
        Setelah bangsa Indonesia telah berhasil menyatakan kemerdekaannya mulailah Negara Indonesia membentuk atau menyusun pemerintahan dan peraturan-peraturan atau Undang-Undang yang diperlukan. Tahap-tahap pembentukan pemerintahan yang baru tentu bukan merupakan masalah yang mudah karena masih banyaknya kondisi yang serba kekurangan disana-sini.      Bangsa Indonesia pada masa-masa itu banyak mengalami guncangan atau tekanan dari bangsa lain yang masih ingin mempengaruhi bangsa Indonesia. Para pejuang kita harus terus tetap berjuang untuk membangun Negara Indonesia walaupun harus dilalui tahap demi tahap dan diperlukan rasa pengabdian yang besar di segala bidang. Bangsa Indonesia bersatu padu dan saling bahu membahu serta semangat gotong-royong untuk mencapai tujuan sebagai Negara yang kuat, sejahtera dan disegani oleh bangsa lain. Akhirnya berkat tekad dan semangat gotong-royongnya dapat menciptakan terwujudnya masyarakat yang hidup makmur dan gemah ripah lohjinawi.
        Dari waktu ke waktu bangsa Indonesia berusaha untuk dapat sejajar dengan Negara lain seperti Malaysia, Singapura, Australia dan masih banyak Negara lainnya. Indonesia berusaha untuk dapat bekerjasama dengan Negara lain di segala bidang dengan mengandalkan kekayaan alamnya. Untuk dapat mengisi kemerdekaan yang telah kita rebut banyak hal-hal yang dapat kita lakukan antara lain :
  1. Melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata Internasional. Misalnya dibidang olah raga seperti Sepak bola, Volly Ball dan organisasi-organisasi yang dapat memupuk rasa kebangsaan walaupun dalam tingkat daerah bahkan tingkat Desa atau RT.
  2. Berpartisipasi ikut membela tanah air jika ada ancaman dari Negara lain.    Misalnya melalui kegiatan latihan Bela diri, Pramuka dan kegiatan yang memupuk rasa cinta tanah air.
  3. Ikut serta menyukseskan program pemerintah. Misalnya bidang pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan dan kegiatan yang berguna dan kegiatan yang berguna dan tidak mempunyai tujuan waktu terbuang.
  4. Mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi.
  5. Merasa bangga menggunakan produk-produk dari dalam negeri.
        Kita sebagai generasi muda harus terus-menerus dapat menghargai para pejuang yang telah meraih kemerdekaan dengan cara ikut serta dalam kegiatan-kegiatan untuk mengisi kemerdekaan Negara Indonesia yang kita cintai dengan cara antara lain :
  1. Belajar dengan rajin agar dapat berperan dalam mengisi kemerdekaan.      Bercita-cita tinggi misalnya menjadi guru, dokter, dan pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhan hidup.
  2. Mengikuti lomba-lomba dalam bidang olah raga seperti Volly Ball, Bulu tangkis dan kegiatan sosial lainnya.
  3. Mengikuti kegiatan sosial seperti menolong orang yang mengalami musibah bencana alam, kegiatan penghijauan dan lomba bidang studi, cerdas cermat dan kegiatan yang lain sebagai rasa syukur telah mendapatkan kemerdekaan.
  4. Mengikuti kegiatan pada saat-saat memperingati HUT Kemerdekaan Negara Indonesia seperti gerak jalan, karnaval dan lain-lain.
        Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa sehingga kita dapat selalu menghargai dan meneruskan perjuangan para pahlawan kita melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Aku bangga menjadi ANAK INDONESIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar