al azmi media

Rabu, 13 November 2013

Saatnya Menuju Perubahan

Karya Nikmatul Uma Siswi SMKN 1 Lengkong Pemenang Harapan I. Bangsa kita setiap tahun merayakan hari Pahlawan tanggal 10 November. Pada saat itulah kita mengenang jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan harta dan nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan. Setiap tahun kita mengenang jasa para
pahlawan namun mutu peringatan itu menurun dari tahun ketahun. Kita sudah makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Oleh karena itu, hari pahlawan tidak hanya diperingati pada tanggal 10 November, tetapi berlangsung setiap hari dalam kehidupan kita. Paling tidak kita berjuang menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan keluarga. Artinya, kita menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing meskipun tidak mudah menjadi seorang pahlawan.
        Dimasa modern ini banyak generasi muda yang hilang akan jati dirinya. Mereka seakan-akan telah melupakan budaya bangsa yang sudah melekat pada diri mereka masing-masing. Para pemuda masa kini cenderung mementingkan dirinya sendiri daripada kepentingan bersama atau kepentingan umum. Dengan perkembangan zaman saat ini banyak generasi bangsa yang masuk dalam era globalisasi dengan berbagai teknologi yang sangat baru dan canggih. Berbagai teknologi tersebut membawa dampak positif dan negatif. Dampak tersebut sangat berpengaruh pada kehidupan  kita. Para remaja yang baik dan mempunyai moral yang tinggi akan menggunakan teknologi dengan manfaat yang positif, dia akan menggunakan sesuai dengan fungsinya untuk menunjang prestasinya. Contohnya mereka menggunakan alat komunikasi atau komputer untuk sarana pembelajaran. Namun demikian, jika para remaja yang cenderung memikirkan kesenangan sesaat mereka akan menggunakan teknologi tersebut dengan dampak yang negatif. Misalnya mereka menggunakan alat komunikasi untuk menyimpan gambar atau vidio pornografi yang dapat merusak otak kita.
        Kita sebagai penerus bangsa, mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan negeri ini. Kita adalah tokoh utama dalam negeri ini (para pelajar). Kita harus menjadi motivator untuk kalangan yang kurang mengerti arti kepahlawanan. Kita harus dapat merubah negeri ini menjadi lebih baik. Perjuangan kaum muda untuk meneruskan jejak para pahlawan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana namun berdampak besar bagi perubahan. Generasi muda saat ini dapat menyalurkan  minat, maupun mengembangkan bakat. Bukan hal yang mustahil apabila para pelajar dapat menjadi pahlawan-pahlawan baru. Misalnya  mereka nantinya akan berprofesi menjadi guru, relawan, atau aktifis dengan gerakan membersihkan sungai atau melindungi satwa tertentu.   
        Kita defisinisikan pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanianya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Sedangkan pahlawan sejati adalah seseorang yang secara pribadi berjuang untuk  kebaikan dan kejujuran  yang di landasi oleh semangat dan keikhlasan untuk melakukan setiap tindakan nyata karena menjadi seorang pahlawan tidak selalu harus secara non formal, dan  ini sangat berkaitan erat dengan dasar negara kita. Dasar negara kita adalah pancasila, pancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung nilai-nilai budaya bangsa indonesia, yaitu cara berfikir dan cara perjuangan dan salah satu karakteristik seorang pahlawan yaitu orang yang mempunyai nilai-nilai positif dalam lingkungan kehidupan. Mempunyai nilai kepahlawanan yang bersifat patriotisme dan nasionalisme, untuk mencerminkan watak generasi selanjutnya.
        Sekarang kita bertanya pada diri kita sendiri  "apakah kita rela mengorbankan jiwa dan raga untuk mengembangkan diri kita dalam bidangnya masing-masing?" "dan mencetak prestasi dengan cara yang adil, pantas dan wajar?". Mari kita sebagai penerus bangsa menjadi agen pembangunan untuk negeri ini  agar dapat maju seperti negara-negara maju lainnya. kita tanamkan rasa patriotisme dan nasiolisme pada diri kita masing-masing. Dengan demikian bangsa ini mampu menghasilkan perubahan yang berkualitas dan di pandang maju oleh negara-negara lain. Tidakkah iri pada negara-negara maju di dunia  yang dapat melahirkan generasi muda yang handal, berkualitas yang mampu menghasilkan produk-produk teknologi yang di akui dunia yang akan  membawanya dalam kesuksesan.
        Sebagai siswa dengan giat belajar kita sudah dapat disebut sebagai pahlawan , karena dengan giat belajar tersebut kita juga akan berusaha mengubah keadaan lebih baik karena dengan ilmunya kelak kita dapat mengubah takdir diri kita sendiri, keluarga, bahkan bangsa ini menjadi lebih baik dan lain-lain. Mari kita berperan aktif dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dalam pembangunan di negri ini. Saatnya kita berbenah diri untuk masa depan yang lebih baik dan cita-cita yang kita inginkan. Aku pahlawan masa kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar