al azmi media

Jumat, 15 November 2013

Pemuda Penerus Pahlawan Bangsa

Karya Putri Laras Salsabila, terbaik II, Tingkat SD/MI, SDN Lengkong II. Seorang yang berjasa pada negara disebut pahlawan. Misalnya pahlawan revolusi, pahlawan Nasional, dan lain-lain. Indonesia adalah negara yang besar. Dan itu juga atas perjuangan para pahlawan. Karena para pahlawan mengorbankan nyawa sampai


mengorbankan semuanya demi membentuk negara yang jaya dan anti penjajahan. Bahkan diantara mereka smapai gugur dalam perang, maka beliau diberi gelar pahlawan.
Pada masa-masa kemerdekaan, masyarakat senang karena Belanda sudah pergi, setelah kemerdekaan Indonesia membuat dasar negara untuk Indonesia merdeka yang disebut pancasila. Rumusan pancasila dirancang oleh: Muhammad yamin, Mr. Supomo, dan Ir. Sukarno. Awalnya Indonesia hanya mempunyai delapan provinsi tetapi lama kelamaan menjadi tujuh belas provinsi, dua puluh satu provinsi, tiga puluh tiga provinsi dan sekarang menjadi tiga puluh empat provinsi. Awalnya timor-timur menjadi wilayah NKRI namun pada tahun 1999 Timor-timur lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Sukarno membacakan teks proklamasi dikediamannya Jl. Pegangsaan Timur No.56.
Negara Indonesia dikenal dengan negara agraris karena sebagian besar bermata pencaharian petani. Indonesia adalah negara yang kaya raya dengan rempah-rempah oleh karena itu kita harus melestarikan dan menjaga agar tidak direbut penjajah.
Sebagai pelajar kita harus meneladani sikap para pahlawan, contohnya sebagai berikut:
        Belajar dengan sungguh-sungguh
        Upacara dengan khidmat
        Mengharumkan nama baik bangsa Indonesia
        Berziarah ke makam pahlawan
Tidak hanya di kota besar dilaksanakan upacara dalam peringatan hari pahlawan, tapi juga di desa ataupun daerah-daerah sebagai tanda cinta kepada bangsa Indonesia. Dan sebagai siswa dan siswi tanah air Indonesia kita harus sungguh-sungguh dalam belajar agar kita dapat mengharumkan nama baik bangsa. Oleh karena itu, pengaruh luar yang dapat mengakibatkan turunnya semangat generasi muda harus ditinggalkan. Jangan sampai negara ini mudah dibohongi oleh negara lain.
          Saat ini para pemuda banyak yang mengadakan demonstrasi dimana-mana. Sebagai penerus bangsa Indonesia yang baik, hendaknya kita meneladani sikap dan sifat para pahlawan kita terdahulu. Dengan lebih semangat belajar, aktif di bidang ekstrakurikuler sekolah, melaksanakan upacara saat hari pahlawan (10 Nopember) maupun upacara bendera lainnya seperti peringatan hari besar bangsa atau apapun hendaknya juga dapat mengisinya dengan berbagai kegiatan. Misalnya juga dalam peringatan hari Kartini, disekolah diadakan lomba menyanyi “Ibu Kita Kartini” atau lomba berpakaian ala Kartini jaman dahulu. Contoh lain saat peringatan 17 Agustus tiap kecamatan/sekolah mengadakan beberpa perlombaan dan disertai karnaval yang diikuti siswa-siswi SD, SMP, SMA maupun dari kalangan umum dan instansi lainnya. Kalau kita sebagai generasi penerus bangsa mampu memberikan yang terbaik untuk negara kita, bangsa Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju karena generasi penerusnya berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar