al azmi media

Rabu, 13 November 2013

Patriotisme Generasi Muda Bangsa

Karya Fajar Dwi Romadhon, Siswa SMKN I Lengkong. Pemenang ketiga. Sudah 68 tahun Indonesia merdeka. Banyak sekali sejarah perjuangan bangsa di masa lampau. Para pahlawan rela mengorbankan harta dan nyawanya demi negara ini. Mereka hanya ingin satu hal dari perjuangannya, yaitu “Indonesia Merdeka Akan tetapi kemerdekaan itu seakan-akan tidak ada, walaupun
kenyataannya negara ini telah merdeka. Buktinya adalah banyaknya permasalahan yang timbul di dalam negeri ini. Misalnya korupsi para pejabat, pertikaian antar warga, kemiskinan dimana-mana, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang harus dituntaskan. Ini adalah kewajiban kita semua untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Jasa para pahlawan pejuang menjadi pelajaran untuk kita, akan pentingnya suatu pengorbanan demi hal yang ingin kita wujudkan. Tetapi, hal itu semua hanya dianggap orang sebatas pengetahuan tentang pahlawan-pahlawan di zaman dahulu, bukan untuk diambil hikmah dari kisah perjuangannya.
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. Saat itu, kita menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Sesungguhnya bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai sejarah perjuangan pendahulunya. Jika pahlawan di zaman dahulu memiliki ciri-ciri dengan memakai seragam layaknya seperti tentara dan memegang senjata (bambu runcing) di tangannya, apakah pahlawan masa kini harus seperti hal tersebut?
Saat ini Indonesia sangat membutuhkan pahlawan-pahlawan bangsa yang dapat membangun negara ini menjadi lebih baik lagi, terutama adalah para pemuda Indonesia. Pemuda Indonesia adalah ahli waris cita-cita bangsa dan sekaligus adalah generasi penerus bangsa, yang telah ikut meletakkan dasar-dasar kermerdekaan bangsa Indonesia, dengan melewati suatu simponi perjuangan yang panjang. Sebagai generasi muda bangsa, harus memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Patriotisme pemuda Indonesia telah memiliki peranan penting dalam mengubah perjalanan sejarah bangsa. Sikap para pemuda yang berani untuk melawan ketidakadilan, pantang menyerah dalam segala rintangan yang dihadapinya dan rela berkorban demi kepentingan orang banyak, sangatlah di tunggu. Akan tetapi, saat ini masih banyak ditemui generasi muda yang anti patriotisme, yaitu mereka yang melakukan tindakan yang bertentangan dengan nilai kebangsaan, norma sosial dan agama serta merugikan dirinya sendiri. Contohnya seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang, tawuran yang terjadi antar pelajar, pergaulan bebas, minum-minuman keras, dan sejenisnya. Seharusnya para pemuda Indonesia harus terus belajar meningkatkan kualitas dirinya menjadi lebih baik lagi, sehingga kelak menjadi pemimpin yang baik. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk jiwa patriotisme para generasi muda bangsa.
Kisah Patriotisme Pemuda Indonesia
Salah satu contoh kisah patriotisme pemuda Indonesia ialah adanya gerakan Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Sejarah mencatat bahwa perubahan negeri ini banyak dipengaruhi oleh pemuda. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda berasal dari 'Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia'. Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang kemudian dikenal sebagai momentum Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi sejarah dan juga sebuah bukti bahwa pemuda memiliki semangat yang tinggi dalam upaya perbaikan negerinya. Kita para pemuda yang meneruskan semangat pemuda dulu, kita diwajibkan untuk membangun negeri Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.
Kejayaan suatu Bangsa dapat diraih jika masyarakatnya khususnya para kaum mudanya memiliki semangat patriotisme dan nasionalisme yang tinggi serta memiliki rasa yang begitu kental sehingga mereka akan sangat terganggu oleh perilaku pihak manapun baik dari dalam maupun luar negeri yang merugikan kepentingan bangsa dan negara.
Jadi….
Kita sebagai generasi muda harus menunjukkan jiwa kepahlawanan kita terhadap bangsa Indonesia, yaitu dengan memiliki sikap patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Sikap patriotisme dan nasionalisme merupakan hal yang sangat penting, karena akan membawa kemakmuran, kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar