Dalam bimbingan konseling,
terdapat suatu proses terapi yang dinamakan biblioterapi, yakni terapi membaca
dimana siswa diminta untuk membaca sebuah buku yang didalamnya terkandung nilai
dan informasi penting untuk pengembangan dirinya. Dengan biblioterapi
diharapkan mampu melestarikan penggunaan perpustakaan sebagai salah satu sumber
pemenuhan informasi. Perpustakaan
sekolah perlu merealisasikan misi dan
kebijakannya dalam memajukan masyakarat sekolah dengan mempersiapkan tenaga
pustakawan yang memadai, koleksi yang berkualitas serta serangkaian aktifitas
layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik. Manfaat dari siswa
yang sudah memiliki literasi informasi inilah yang akan unggul dalam persaingan
di jaman dimana kehidupan masyarakat sudah berbasis informasi.
Melalui bahan bacaan akan membantu seseorang yang mengalami permasalahan
personal dan metode terapi ini sangat dianjurkan bagi para siswa yang sulit
mengungkapkan permasalahannya secara verbal. Manfaat perpustakaan sekolah dan
keefektifan teknik biblioterapi dalam layanan konseling dapat dipadukan dalam
upaya pengoptimalan pengembangan diri siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar