al azmi media

Rabu, 26 Desember 2012

biblioterapi bimbingan konseling upaya mengoptimalkan perkembangan diri siswa

Dalam bimbingan konseling, terdapat suatu proses terapi yang dinamakan biblioterapi, yakni terapi membaca dimana siswa diminta untuk membaca sebuah buku yang didalamnya terkandung nilai dan informasi penting untuk pengembangan dirinya. Dengan biblioterapi diharapkan mampu melestarikan penggunaan perpustakaan sebagai salah satu sumber pemenuhan informasi. Perpustakaan

sekolah perlu merealisasikan misi dan kebijakannya dalam memajukan masyakarat sekolah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai, koleksi yang berkualitas serta serangkaian aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik. Manfaat dari siswa yang sudah memiliki literasi informasi inilah yang akan unggul dalam persaingan di jaman  dimana kehidupan masyarakat sudah berbasis informasi. Melalui bahan bacaan akan membantu seseorang yang mengalami permasalahan personal dan metode terapi ini sangat dianjurkan bagi para siswa yang sulit mengungkapkan permasalahannya secara verbal. Manfaat perpustakaan sekolah dan keefektifan teknik biblioterapi dalam layanan konseling dapat dipadukan dalam upaya pengoptimalan pengembangan diri siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar