al azmi media

Senin, 10 Desember 2012

hak azasi manusia dalam kehidupan


Hak azasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia pada hakekat dan keberadaannya sebagai makhluk Allah SWT dan merupakan anugerahNya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang , demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Dengan demikian hak azasi manusia merupakan hak dasar yang melekat dalam diri manusia bersifat universal dan abadi sehingga perlu mendapat perlindungan, dihormati, diertahankan dan tidak boleh diabaikan, dikurangi atau dirampas oleh siapapun kecuali oleh undang-undang atau putusan pengadilan. Sebagai hak dasar yang bersifat universal dan abadi maka HAM tentunya dimilliki oleh setiap manusia oleh karena itu hendaknya kita menjalankannya dengan baik dan semaksimal mungkin agar tidak terjadi pelanggaran dan penyalahgunaan HAM. 
  
oleh: Nurul  Islafiyah, SE
HAM ada dasarnya sangat erat kaitannya dengan pengakuan terhadap keberadaan kita sebagai manusia, sebagai sesama hamba Allah SWT yang ada dasarnya ingin selalu dihargai oleh orang lain, yang tidak ingin diri kita diejek apalagi sampai dilecehkan. Apabila setia manusia menyadari bahwa kalau saya ingin dihargai oleh orang lain dan diakui keberadaan kita maka orang lainun pasti juga ingin diakui  dan dihargai keberadaannya maka kita pasti akan melakukan perbuatan yang tidak melanggar HAM karena setia orang akan memberikan apa yang menjadi hak orang lain sebagaimana mestiya sesuai dengan keberadaanya.
          Oleh karena itu sebagai manusia hendaknya kita selalu menyadari siapa diri kita ini, bahwa kita hidup tidak bisa sendiri selalu membutuhkan orang lain tanpa jasa orang lain tidak mungkin kita bisa hidup sampai sekarang ini , siapapun mereka itu apakah atasan kita atau bawahan kita hendaknya kita selalu menghormati dan menghargai mereka. Mereka adalah perantara Allah SWT.  


TAK ADA ORANG  BISA DIKATAKAN  KAYA TANPA ADA ORANG MISKIN MAKA HARGAILAH MEREKA
TAK ADA ORANG PANDAI APABILA TIDAK ADA ORANG YANG BODOH, MAKA HARGAILAH MEREKA 
ALANGKAH INDAH DAN DAMAINYA HIDUP INI BILA SALING HORMAT  DAN MENGHARGAI  
LAKUKANLAH KEWAJIBAN DAN BERIKANLAH HAK ORANG LAIN SEBAGAIMANA MESTINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar