al azmi media

Minggu, 02 Desember 2012

hari menanam pohon indonesia (HMPI) dan bulan menanam nasional (BMN)



Pada tanggal 1 Desember 2012  di MTs Negeri Lengkong di selenggarakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN). Peringatan HMPI yang diselenggarakan setiap tanggal 28 November tersebut secara simbolis di laksanakan di halaman madrasah berbarengan dengan apel latihan pramuka yang rutin dilaksanakan setiap hari sabtu. Dalam kesempatan tersebut di berikan tananan yang diberikan kepada perwakilan anggota pramuka pangkalan MTsN Lengkong dibawah binaan Eko Endri Wiyono, S.Pd, untuk ditanam di halaman kelas, supaya lebih nampak asri dan senantiasa untuk di pelihara kelestariannya. Sedangkan secara nasional  diselenggarakan di Kawasan Hutan Kota, Komplek Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Di peringatan HMPI tahun ini, Presiden SBY akan menanam pohon Manglid, dan Ibu Ani Bambang Yudhoyono menanam pohon Sempur. Sementara itu, Wakil Presiden Boediono menanam pohon Kenari, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam pohon Cempaka. Pada peringatan HMPI tahun ini, Kementerian Kehutanan berencana menerapkan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon.

PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)
Pemanasan global diartikan dengan  proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Selama seratus tahun terakhir ini, suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat sebesar 0,74 ± 0,18 °C (1,33 ± 0,32 °F).
Pemanasan global sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia
v  Gas-gas rumah kaca, terutama CO2 menahan panas matahari yang dipantulkan oleh Bumi.
v Peningkatan kadar gas-gas rumah kaca di atmosfer disebabkan, antara lain oleh:
                Aktivitas alam : kebakaran hutan
                Aktivitas manusia : asap pabrik, asap kendaraan bermotor
Dampak pemanasan global:
v Peningkatan suhu bumi (selama 100 tahun ini, suhu Bumi meningkat sekitar 1 oF).
v Pencairan es pada daerah kutub.
v Peningkatan suhu bumi (selama 100 tahun ini, suhu Bumi meningkat sekitar 1 oF).
v Pencairan es pada daerah kutub
v Angin badai, baik secara intensitas maupun frekuensi, mengalami peningkatan.
v Perubahan cuaca yang tidak menentu (ekstrim), yang dapat menimbulkan masalah ekonomi dan kesehatan
Kita sebagai anak bangsa Indonesia –dimana hutan di negara kita berperan sebagai paru-paru dunia-hendaknya berusaha mengantisipasi pemanasan global, salah satunya dapat dilakukan dengan menggalakkan penanaman pohon karena tumbuhanlah yang mampu mengikat gas CO2  dan mengubahnya menjadi gas O2  melalui proses fotosintesis. Sangat tepat bila setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN).
Dan hanya kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga).
(QS. An Najm : 31)
                                                                                                                   penulis : Sri Kumoro, S.Pd




1 komentar:

  1. setuju setuju... ^^
    dengan begitu bisa mengurangi efek global warming..

    BalasHapus